Simpel! Begini Cara Memilah Sampah Organik dan Anorganik

Ada dua jenis sampah yang bisa dijumpai di sekitar kita, yaitu sampah organik dan anorganik. Kedua jenis sampah ini sebaiknya diletakkan dalam tempat yang berbeda. Memilah kedua jenis sampah ini akan sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Harga tempat sampah organik dan anorganik juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Seperti yang sudah kita pahami bahwa sampah organik merupakan sampah yang berasal dari organisme hidup seperti sampah sisa makanan atau tumbuhan. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang merupakan hasil campur tangan manusia seperti kaleng, botol, dan lain-lain. Kedua jenis sampah ini bisa didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat dan bisa mengurangi efek negatif dari pemanasan global.

Sampah organik bisa didaur ulang atau diolah menjadi kompos yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi produk kerajinan tangan atau produk baru yang akan diolah kembali oleh pabrik. Karena kedua jenis sampah ini menghasilkan produk baru yang berbeda dari segi bentuk dan manfaatnya, oleh sebab itu jangan biarkan kedua jenis sampah ini dibuang di tempat yang sama.

Ada banyak sekali bentuk dan harga tempat sampah organik dan anorganik. Untuk bisa mendapatkannya, anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Untuk sampah dengan bahan plastik, bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari puluhan ribu. Harga tentu akan berbeda untuk masing-masing ukuran. Ukuran yang lebih besar tentu akan jauh lebih mahal.

Sedangkan untuk tempat sampah yang terbuat dari fiber akan memiliki harga yang cukup mahal. Rentang harga untuk tempat sampah berbahan fiber dimulai dari 300 ribu hingga jutaan. Harga juga akan bergantung pada model dan ukuran tempat sampah. Meskipun lebih mahal dibandingkan dengan bahan plastik, namun tempat sampah berbahan fiber memiliki kualitas yang lebih bagus dan tahan lama.

Agar lebih hemat, anda juga bisa lho membuat tempat sampah organik dan anorganik sendiri. Anda bisa memanfaatkan tempat bekas cat atau bak bekas. Hiaslah sesuai dengan keinginan anda. Dengan begitu anda bisa memiliki tempat sampah tanpa perlu membelinya dengan harga yang lumayan. Untuk cara memilahnya, pastikan menaruh sampah organik dan organik sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan.

Sampah organik tidak perlu menggunakan bungkus atau plastik saat membuangnya, langsung saja buang sisa makanan atau tumbuhan ke dalam tempat sampah. Hal ini dikarenakan plastik termasuk bahan yang tidak bisa didaur ulang. Nah, itu dia sedikit informasi terkait cara memilah dan harga tempat sampah organik dan anorganik yang ternyata bisa anda buat sendiri. Semoga bermanfaat!

Related Posts