Olahan Tenggiri Giling yang Enak Beserta Manfaat Ikan Tenggiri

Pada artikel kali ini saya akan membagikan olahan ikan tenggiri giling yang enak beserta manfaat ikan tenggiri. Yuk simak, resep olahan tenggiri di bawah agar bisa dipraktekan dirumah.

Olahan Ikan Tenggiri Giling

1. Pempek Ikan Tenggiri

Bahan:

  • 250 gram tepung sagu
  • 250 gram ikan tenggiri
  • 2 sendok teh garam
  • Mentimun secukupnya, potong dadu
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Mi kuning secukupnya, seduh

Biang:

  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 200 ml air kaldu ayam/ikan
  • 1 batang bawang perai, iris halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Cuko:

  • 100 gram ebi kering
  • 250 gram gula merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 sendok makan cuka putih
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 liter air

Cara membuat:

  1. Rebus bahan-bahannya. Aduk hingga kental dan berat. Setelah itu angkatlah dari kompor dan sisihkan.
  2. Campur dengan ikan, garam, dan gula. Setelah itu tambahkan tepung sagunya sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan bisa diuleni.
  3. Bentuk pempek sesuai selera, dapat juga diisi memakai telur. Setelah itu rebus hingga mengapung.
  4. Rebus semua bahan cuko hingga mendidih, lalu sisihkan.
  5. Goreng pempek hingga kuning keemasan, lalu potong-potong. Sajikan dengan timun, mie kuning, dan cuko.

Gunakan mesin gilingan daging dan mesin pengupas bawang untuk mempermudah pembuatan olahan makanan diatas.

Manfaat Ikan Tenggiri

1. Mencegah Kanker

Ikan tenggiri merupakan satu dari beragam jenis ikan yang kaya akan antioksidan, koenzim Q10, dan asam lemak omega 3. Nutrisi pada ikan tenggiri memiliki manfaat dalam membantu Anda mencegah kanker. Pasalnya, masing-masing bisa melawan berbagai faktor risiko kanker.

Mulai dari Coenzyme Q10 yang mampu menyingkirkan agen kanker yang menempel pada sel. Kemudian, antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker dengan melawan efek dari radikal bebas didalam tubuh. Tak lupa asam lemak omega 3 yang bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus besar.

Selain itu, kandungan dari vitamin B12 dan selenium yang juga terdapat pada ikan tenggiri berperan penting dalam pemulihan dari kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara terbaik untuk membantu mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3. Nah, tenggiri merupakan satu dari beragam jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Tak hanya itu saja, ikan ini juga rendah kandungan lemak jenuhnya.

Tak heran, ikan tenggiri dapat mengurangi risiko Anda mengalami berbagai jenis penyakit jantung, termasuk aritmia, stroke, serta serangan jantung. Selain itu, tenggiri juga kaya akan vitamin dan mineral, salah satunya ialah selenium. Mineral ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa suplemen selenium memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Karena itu, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi ikan yang mempunyai asam lemak omega 3 setidaknya 2 kali seminggu untuk mengurangi risiko penyakit ini.

3. Menurunkan Resiko Diabetes

Ternyata, asam lemak pada ikan ini tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi mempunyai manfaat juga untuk mencegah resiko diabetes. Pasalnya, kandungan asam lemak tak jenuh juga berperan penting dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi dengan mengkonsumsi ikan ini bisa membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Bahkan, American Diabetes Association memasukkan ikan ini dalam kategori 10 makanan tersehat, baik untuk penderita diabetes maupun mereka yang ingin mencegah penyakit ini.

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients juga menunjukkan bahwa makanan tinggi kandungan asam lemak tak jenuh dapat mengurangi risiko diabetes. Meski begitu, para hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk menentukan apakah ikan atau sayuran merupakan sumber terbaik untuk mendapat asupan ini.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang olahan ikan tenggiri yang enak beserta manfaat ikan tenggiri.

Related Posts