Memahami Rumus Dasar Bermain Rubik

Hi Cuber, buat anda yang sudah memiliki rubik, anda perlu memahami rumus dasar berikut ini supaya bisa menjadi jago bermain rubik. Biasanya untuk pemain rubik pemula disarankan untuk memahami rumus rubik 3×3 terlebih dahulu sebelum memahami rumus rubik lainnya. 

Ada dua metode yang dapat Anda coba untuk memecahkan rubik tipe satu ini. Metode pertama adalah metode dasar, yaitu dengan memecahkan pada setiap layer rubrik, sedangkan metode kedua adalah metode roux.

1. Metode dasar, rumus ikan dan rumus tank OLL

Metode ini merupakan metode dasar, dengan cara mengenal serta memahami rumus atau algoritma rubik dengan cara membagi pola tertentu menjadi gambaran yang ada di sekitar kita. Pada metode ini Anda dapat mengelompokan rumus yang ada sesuai dengan polanya dengan menyisakan  dua sudut yang belum menghadap ke atas. Terdapat beberapa pola yang dapat Anda ketahui untuk menggunakan rumus ini.

  1. Pola Sune, pola satu ini berbentuk ikan dan kepala ikan berada pada bagian bawah rubrik, Anda dapat menggunakan R U R’ U R U2 R’
  2. Pola Anti Sune, kebalikan dari pola pertama pola ini berbentuk ikan namun kepala ikan menghadap ke atas rubrik, Anda dapat menggunakan rumus R U2 R’ U’ R U’ R’
  3. Pola Tank, dua sudut menghadap depan, dengan pola ketiga ini Anda dapat menggunakan rumus algoritma R2 D R’ U2 R D’ R’ U2 R’
  4. Pola Tank, dua sudut menghadap samping, Anda dapat menggunakan rumus algoritma (U) r U R’ U’ L’ U l F’

2. Metode Roux

Metode kedua merupakan metode yang dapat Anda terapkan jika sudah menguasai metode dasar, dengan cara menghafalkan algoritma rubik atau notasi dasar rubrik seperti R, R’, L, L’, U, U’, D, D’, F, F’, B, B’.

Metode ini satu biasa disebut juga dengan metode WV, cara pengaplikasiannya serupa seperti F2LL dengan menggunakan lapisan pada sudut terakhir sebagai penyisipan blok F2L akhir seperti ZZ atau petrus.

Nah, seperti itulah rumus dasar rubik yang perlu anda pahami, Selamat mencoba!

Related Posts