Kiat Memilih Kuliah Kelas Karyawan yang Tepat 

Walaupun sudah memiliki penghasilan tetap dari bekerja, sebagian orang masih memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Terutama yang telah memiliki penghasilan tetap dan merasa mampu untuk membayar biaya kuliahnya sendiri. 

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya bagi Anda untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai berbagai kiat untuk mengikuti perkuliahan sambil bekerja. Sebagai pertimbangan, berikut kiat yang bisa Anda terapkan saat mencari kampus yang tepat. 

Siapkan Mental dan Semangat 

Kiat pertama sebelum terjun dalam dua dunia yang berbeda yaitu dunia kampus dan dunia kerja. Anda harus menyiapkan mental yang kuat dan semangat yang membara terlebih dahulu. Sebab, mengikuti kuliah kelas karyawan tentu berbeda dengan kelas reguler pada umumnya. Ini dimaksudkan agar di kemudian hari tidak ada kendala yang bisa membuat Anda putus kuliah di tengah jalan. 

Pertimbangkan dengan matang apakah sudah siap membagi waktu antara kuliah dan kerja yang pastinya akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Jangan sampai hanya merasa happy di awal saja. Namun setelahnya, Anda mulai merasa kewalahan dan bingung hingga akhirnya semua justru menjadi terbengkalai.

Informasikan Kepada Pihak Perusahaan 

Kiat kedua yang harus dilakukan adalah memberitahukan rencana tersebut kepada pihak perusahaan, entah itu HRD atau atasan. Ini diperlukan agar pihak perusahaan terkait bisa memahami kondisi Anda yang kuliah sambil bekerja. 

Misalnya, jika jadwal kuliah yang tertera di goKampus.com adalah mulai hari Senin-Jumat namun pada saat yang bersamaan ada pekerjaan yang harus dilakukan. Maka, perusahaan mungkin bisa memberikan dispensasi atau keringanan bagi Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut keesokan harinya atau pada hari Sabtu.   

Pertimbangkan Lokasi Kampus dan Jadwal Kuliah

Kiat ketiga yang juga harus ada dalam catatan Anda adalah lokasi kampus. Pertimbangkan dengan matang apakah lokasinya lebih baik berada di dekat tempat kerja atau yang dekat dengan tempat tinggal. 

Jika jadwal pulang kantor dengan jam kuliah terpaut lumayan jauh dan memungkinkan untuk pulang terlebih dahulu. Mungkin Anda bisa memilih lokasi kampus yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal. Sebaliknya, jika waktunya terlalu sempit dan tidak memungkinkan untuk pulang, lebih baik carilah kampus yang lokasinya berdekatan dengan kantor tempat Anda bekerja. 

Pertimbangkan Jurusan 

Mengikuti kuliah kelas karyawan ini sama pentingnya dengan kelas reguler pada umumnya. Agar bisa berjalan beriringan, pilihlah jurusan yang bidang ilmunya bisa diaplikasikan dengan pekerjaan atau yang bisa menunjang masa depan karir Anda.. 

Terutama jika sudah merasa nyaman dan cocok dengan pekerjaan Anda tersebut. Bukan tidak mungkin atasan Anda akan tergerak untuk menaikkan gaji jika hasil kerja Anda menjadi lebih baik setelah mengikuti kuliah tersebut.  

Hitung Biaya Kuliah dengan Cermat 

Kiat terakhir yang tak kalah pentingnya adalah dalam hal biaya kuliah yang harus dikeluarkan, terutama jika biaya tersebut dari hasil keringat Anda sendiri. Buat catatan dan hitung dengan cermat apakah penghasilan Anda tersebut bisa mencukupi untuk membayar biaya kuliah sekaligus mencukupi kebutuhan hidup Anda. 

Sebab, setiap kampus dan jurusan tentunya memiliki metode yang berbeda baik dalam hal cara pembayaran maupun nominalnya. Ada yang bisa dibayar per bulan dan ada pula yang dibayar per semester. Untuk itu, perhitungkan dengan cermat dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. 

Agar tidak salah dalam melakukan perhitungan saat akan mengikuti kuliah sambil bekerja. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal mulai dari lokasi, jadwal, jarak, jurusan, dan biayanya. Jika masih ragu, Anda bisa membuka situs goKampus.com dan mencari informasi seputar kuliah sambil bekerja yang lengkap tanpa harus mendatangi kampusnya secara langsung. 

Related Posts