Kenali Ciri Kelinci Sakit

Kelinci sakit yang mengalami gejala sakit akan menunjukkan perilaku yang tidak biasa, namun pada beberapa orang tidak menyadari bahwa kelinci telah jatuh sakit.

Untuk semua kelinci seperti kelinci flemish giant yang sakit, memiliki penyakit yang tidak hanya disebabkan oleh perawatannya yang kurang maksimal namun juga dapat dari cuaca. Karena kelinci merupakan hewan yang rentan dan sensitif.

Berikut ini ciri-cirinya :

Nafsu makan yang menurun, tidak hanya kelinci sakit manusia pun saat sedang sakit memiliki gejala yang sama yaitu tidak merasa ingin makan. Dan hal ini dapat diamati saat waktunya pemberian pakan pada kelinci tersebut.

Sebaiknya saat telah mengetahui nafsu makannya menurun maka, kemungkinan terdapat masalah dari pakan dan dapat diganti dengan jenis pakan lainnya yang memiliki vitamin atau yang bergizi tinggi.

Tidak bersemangat, hal ini juga biasanya kelinci yang sehat dikenal sebagai hewan yang lincah dan istirahat pada siang hari lalu, aktif kembali saat malam hari. Karena, kelinci yang sakit memiliki gizi yang kurang akibat dari nafsu makan yang menurun sehingga kelinci tampak lemas dan tidak banyak bergerak.

Banyak minum, pendapat bahwa kelinci banyak minum bahwa menandakan kelinci sehat adalah salah. Hal ini bisa menjadi penyebab bahwa kelinci sakit, pastikan wadah khusus untuk minum selalu bersih.

Kandangnya berbau dan lembab, hal ini merupakan penyebab dari faktor kebersihan kandang. Kebersihan kandang juga harus selalu diperhatikan agar kelinci tidak terkena penyakit.

Mata terlihat tidak cerah, ini juga terjadi karena nafsu makan kelinci yang turun, dan salah satu tanda kelinci sehat adalah yang memiliki mata yang cerah.

Bulu kusam dan rontok, biasanya beberapa orang akan beranggapan bahwa bulu yang kusam hanya karena kotor biasa. Padahal, tanda tersebut merupakan gejala sakit pada kelinci.

Kesimpulannya, ciri-ciri di atas akan timbul jika kelinci sakit dan dapat diamati saat memberikan pakan dan memeriksakan kelinci secara rutin. Yang terpenting selalu jaga kebersihan baik itu kandang, makanan, minum, dsb. Saat kebersihan itu terjaga, maka secara langsung kelinci juga akan terhindar dari penyakit.

Related Posts