Ini Dia Daftar PTN yang Menyediakan Jurusan Sastra Asing

Ada beberapa universitas yang memang menyediakan jurusan sastra bahasa asing. Bukan hanya menyediakan jurusan sastra asing yang keren, tetapi lulusan universitasnya juga sudah terbukti kualitasnya.

Bahkan beberapa universitas yang dimaksud ini sangatlah populer dan dianggap bergengsi oleh para calon mahasiswa. Sehingga bisa lolos dan masuk dalam universitas terbaik tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Yuk simak baik-baik inilah 6 rekomendasi PTN dan PTS yang menyediakan jurusan sastra asing di bawah ini!

1. Universitas Gadjah Mada

PTN yang menyediakan jurusan sastra asing pertama ini adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM yang terletak di D.I Yogyakarta, Jawa Tengah. Program studi sastra di PTN ini diklaim cukup lengkap dan pastinya sudah terjamin kualitasnya. 

UGM menaungi beberapa jurusan bahasa dan sastra asing dalam Fakultas Ilmu Budayanya, yakni Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Arab, Bahasa dan Kebudayaan Korea dan Sastra Perancis.

2. Universitas Indonesia

PTN yang menyediakan jurusan sastra asing lainnya yaitu Universitas Indonesia. Di mana universitas terbaik di Jakarta ini,  yang kerap dipanggil dengan sebutan UI, juga menyediakan berbagai jurusan sastra di Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budayanya. 

Banyak yang bilang jurusan yang disediakan juga beragam, seperti  Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Jepang, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Perancis, Sastra Belanda, Sastra Cina dan Sastra Slavia. Bukan hanya itu, Sastra Korea di UI juga dikenal terbaik di seluruh Indonesia, lho! Jadi, minat dan bakat kamu dalam dunia sastra dan bahasa asing juga akan terasah betul.

3. Universitas Pendidikan Indonesia

PTN yang menyediakan jurusan sastra asing selanjutnya adalah Universitas Pendidikan Indonesia, UPI. Nah, bagi kamu yang mencari jurusan sastra tapi pengen jadi seorang pengajar? UPI jawabannya. Dalam Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastranya, kamu bisa memilih jurusan yang kamu sukai seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Perancis, Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Korea, dan Pendidikan Bahasa Arab.

4. Universitas Nasional

Bukan hanya PTN saja yang memiliki jurusan sastra asing terbaik tetapi PTS juga. Universitas Nasional ini berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di mana program studi sastra di UNAS juga dikategorikan cukup lengkap, yaitu Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang dan Bahasa Korea bisa kamu jumpai di Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS.

5. Universitas Airlangga

PTN yang menyediakan jurusan sastra asing terbaik selanjutnya ada di daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Universitas Airlangga juga mempunyai jurusan sastra bahkan sudah terakreditasi A. Di kampus yang satu ini menyiapkan berbagai fasilitas lengkap yang nantinya bakal memfasilitasi kamu selama menjadi mahasiswa UNAIR. Sastra Inggrisnya juga dikenal sebagai jurusan terbaik dengan lulusannya yang berkualitas. 

6. Universitas Gunadarma

Masih di daerah Jakarta, PTS dengan jurusan sastra asing terbaik, Universitas Gunadarma. Di mana kampus ini juga menyediakan program studi Sastra Inggris yang sangat berkualitas. Sama seperti Universitas Nasional, Universitas Gunadarma ini juga memiliki sarana dan prasarana yang lengkap yang akan menunjang pembelajaran kamu.

Soal kualitasnya juga tak kalah dengan universitas negeri sekalipun, karena universitas ini adalah universitas terbaik. Jadi, kamu akan merasa bahwa kamu juga tengah berkuliah di universitas negeri yang bergengsi juga, lho. Memang itulah beberapa PTN yang menyediakan jurusan sastra asing dan juga PTS-nya.

Untuk kamu yang suka dengan hal-hal berbau sastra, tak ada salahnya jika mendaftar ke beberapa kampus tersebut. Namun jika kamu ingin mencari tahu lagi tentang jurusan lainnya yang mungkin memiliki prospek bagus di masa depan, kamu bisa mengunjungi website gokampus.com untuk informasi seputar dunia perkuliahan.

Itulah beberapa rekomendasi kampus PTN yang menyediakan jurusan sastra asing terbaik di Indonesia. Jadi, kamu ingin jadi mahasiswa di kampus mana nih? Semoga bermanfaat!

Related Posts