Ingin Memulai Bisnis melalui Dropship di Shopee? Perhatikan Hal Pentingnya Dahulu

Membuka toko online di marketplace terkenal dan terpercaya, seperti Shopee sangatlah mudah. Namun, kamu harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk mempunyai produk unggulan yang berkualitas dengan stok yang banyak. Lalu, apakah bisa membuka toko online di Shopee tanpa modal? Jawabannya tentu bisa. Kamu daftar saja dropship di Shopee.

Apa itu dropship di Shopee? Dropship di Shopee artinya kamu berjualan di Shopee namun hanya sebagai dropshipper atau perantara. Di mana kamu berjualan di Shopee, tetapi kamu tidak perlu menyediakan stoķ. Kamu hanya perlu mengambil produk dari salah satu atau beberapa seller di Shopee, yang selanjutnya bisa dijadikan partner dropship.

Apakah kamu tertarik untuk memulai dropship di Shopee? Namun, sebelum kamu memulai dropship di Shopee  kamu harus memperhatikan hal penting seperti yang ada di bawah ini.

4 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Melakukan Dropship di Shopee

1. Tentukan Dropship yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus tentukan terlebih dahulu antara dropship dari Shopee ke Shopee atau dropship dari Shopee ke marketplace yang lainnya. Kenapa harus menentukan hal tersebut terlebih dahulu?

Hal ini karena pemilihan dropship menentukan di mana kamu akan menjual produk yang kamu ambil dari seller di Shopee. Hal ini karena cara antara dropship Shopee ke Shopee dan dropship dari Shopee ke marketplace lainnya tentu berbeda. Jadi, kamu harus memperhatikan dan mempertimbangkan hal ini dengan matang.

2. Tentukan Produk yang akan dijual

Selanjutnya, kamu harus menentukan produk yang akan kamu jual sebelum melakukan dropship. Hal ini karena pemilihan produk yang kamu pilih menentukan jumlah penjualan dari produknya. Hal tersebut tentu akan berimbas pada keuntungan yang kamu peroleh dari dropship.

Ada baiknya nih, kamu memilih produk memang diperlukan oleh semua orang setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk fashion, make up, dan skin care yang sekarang ini banyak digandrungi semua orang.

3. Tentukan Seller Shopee

Jika kalian sudah menemukan produk yang cocok, hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah seller. Di sini, kamu harus menentukan seller yang tepat serta terpercaya untuk melakukan dropship. Dalam hal ini kamu bisa memilih seller di Shopee yang sudah mempunyai predikat star seller.

Di mana seller Shopee yang berada pada tingkat star sudah pasti menjual produk yang berkualitas. Kemudian, untuk lebih meyakinkan lagi, kamu bisa mencari star seller di Shopee yang mempunyai testimoni yang positif tentang produk maupun pelayanan tokonya.

Kemudian, kamu juga harus memilih seller yang menyediakan gratis ongkos kirim ke berbagai wilayah. Di mana toko online kamu jadi bisa menawarkan ongkos kirim juga. Yang mana penawaran ongkos kirim akan lebih menarik pembeli, yang nantinya  bisa meningkatkan jumlah penjualan, meskipun pembeli tidak tahu jika kamu melakukan dropship di Shopee.

4. Pindahkan produk supplier ke toko sendiri

Setelah mendapatkan supplier selanjutnya anda tinggal pindahkan saja produk produknya yang ada di etalase ke toko anda sendiri. Silahkan copas saja mulai dari deskripsi, judul, harga, berat, kategori, dan gambar. Ada baiknya untuk gambarnya itu anda berikan watermark atau frame sehingga akan menjadi lebih cantik dari supplier.

Alternatif lain apabila anda malas dalam melakukannya, anda bisa menggunakan software dropship agar cepat. Dengan bantuan tools tersebut, anda tidak perlu lagi melakukan secara manual satu per satu. Sehingga akan menghemat waktu dan kerja anda.

5. Tentukan Harga Jual

Hal penting terakhir yang harus kamu perhatikan adalah harga jual produknya. Di sini kamu harus menentukan untung yang ingin kamu peroleh terlebih dahulu. Lalu, setelahnya kamu bisa jumlahkan dengan harga asli produk dari seller yang kamu pilih.

Namun, perlu diingat, jangan ambil keuntungan yang besar ya, apalagi jika kamu menjualnya lagi di aplikasi Shopee. Hal ini karena harga yang kamu tentukan akan bersaing dengan seller yang kamu pilih. Ada baiknya, kamu harus survei harga terlebih dahulu, sehingga kamu tahu range harga dari produk yang akan kamu jual.

Nah, itulah empat hal penting yang menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk dropship di Shopee. Pelajari pertimbangan tersebut agar kamu bisa menjalankan usaha melalui dropship di Shopee dengan lancar.