Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Rumah Pertama dengan Sistem KPR

Mungkin bisa memakan waktu yang panjang ketika seseorang mencari rumah pertama untuk dibeli. Perumahan di Depok memang menawarkan harga yang cukup tinggi, oleh karena itu mencari yang sesuai budget terkadang tidak mudah.

Tidak sedikit orang yang urung mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR akibat rumor sulitnya proses yang harus dilakukan. Padahal membeli rumah pertama dengan sistem KPR tidak mustahil bisa diwujudkan.

Agar keinginan tersebut bisa diwujudkan, maka perhatikan beberapa hal di bawah ini sebagai acuan Anda.

  • Bersihkan Rekam Jejak Kredit

Rekam jejak kredit ini akan ditelusuri oleh pihak bank penyedia layanan KPR. Untuk itu langkah penting membersihkan rekam jejak kredit harus dilakukan.

Pola pembayaran semua tagihan harus benar-benar bersih minimal dua tahun sebelum aplikasi pengajuan KPR diterima Bank.

  • Jaga Alur Rekening

Memindahkan uang antar rekening yang terlalu sering terbilang kurang baik. Justru pihak bank akan mempertanyakan mengapa Anda melakukan hal tersebut.

Meskipun tidak termasuk sebagai isu besar, akan tetapi menjadi salah satu bahan pertimbangan akhir pengajuan KPR untuk perumahan di Depok yang akan Anda beli.

  • Mempertimbangkan Besaran Uang Muka

Saat ini Bank Indonesia sudah memberikan kewenangan kepada pihak Bank yang menyediakan layanan KPR untuk menentukan down payment alias DP. Bagi Anda yang memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan uang muka.

DP atau uang muka yang maksimal sangat berpengaruh terhadap besaran angsuran setiap bulan. Angsuran yang kecil tentunya meringankan pembayaran ke depannya.

  • Kenali Kondisi Keuangan

Pastikan kondisi keuangan Anda cukup stabil dengan menekan pengeluaran lain, hal ini agar pembayaran angsuran setiap bulannya tidak memberatkan. Apalagi jika tenor yang diberikan cukup panjang hingga waktu pelunasan kredit.

  • Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang besar dan bagus, namun apakah itu yang Anda butuhkan?

Sebaiknya ketika membeli rumah pertama dengan sistem KPR, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah Anda bisa nyaman menempatinya.

Perumahan di Depok kebanyakan menawarkan berbagai sistem pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan. Tertarik untuk membeli rumah dengan sistem KPR?

Related Posts