Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Rumah KPR Bogor

Bogor adalah kota yang tepat untuk ditinggali masyarakat Indonesia karena lokasinya yang sangat strategis sehingga semua mudah aksesnya. Bahkan untuk membeli rumah di Bogor bisa juga dengan menggunakan sistem KPR. Ya, sistem rumah KPR Bogor ini sangat membantu banyak orang dalam memiliki rumah.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Rumah KPR Bogor

Tetapi, sebelum Anda membeli rumah di Bogor dengan menggunakan metode KPR sebaiknya harus dipersiapkan semuanya. Ya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut:

1. Sediakan Data Diri Secara Lengkap

Pertama yang harus Anda persiapkan adalah data diri yang lengkap. Data diri ini banyak macamnya dan hampir semuanya harus ada dan diserahkan kepada pihak pengembang. Anda harus menyiapkan KTP Anda sendiri dan juga pasangan berupa salinan atau fotokopi. Kemudian kartu keluarga juga dibutuhkan. Jika Anda sudah menikah harus menyertakan fotokopi akta nikah, jika cerai harus menyediakan akta cerai, dan jika belum menikah maka harus ada keterangan belum menikah.

2. Sediakan Slip Gaji atau Bukti-Bukti Pendukung Pendapatan per Bulan

Selanjutnya yang diperlukan dalam mengajukan KPR rumah adalah harus menyediakan slip gaji atau bukti-bukti pendukung pendapatan. Jika Anda adalah PNS atau karyawan di perusahaan ternama pasti sudah ada slip gajinya tinggal difotokopi. Namun, jika Anda adalah pekerja lepas maka harus memberikan fotokopi buku tabungan selama minimal 6 bulan terakhir. Sehingga bank akan menilai bahwa Anda berhak atau tidak menerima KPR.

3. Jangan Lupakan Menyiapkan Biaya untuk Keperluan Pengajuan KPR

Ternyata, untuk mengajukan KPR itu bukanlah hal yang gratis. Anda harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk pengurusan KPR ini. Anda harus siap minimal dana sebesar Rp2,5 juta untuk mengurusnya. Belum lagi biaya yang lainnya yang mencapai 5 juta-an lebih untuk keperluan notaris dan lain sebagainya. Anda harus menanyakan langsung kepada pihak marketing mengenai info yang lebih jelas.

4. Pastikan Anda Memiliki Rekening di Bank

Terakhir, pastikan Anda memiliki rekening Bank yang berguna untuk mencicil sehingga bukti tertulis jelas di sana. Hindari pembayaran dengan cash atau bahkan melalui pihak ketiga dalam pembayarannya.

 

Itulah dia beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum Anda mengajukan rumah KPR di perumahan yang jual rumah murah di bogor. Jangan sampai Anda hanya tertarik dengan tawaran di poster penjualan mereka. Semuanya harus diperhitungkan dengan matang sejak dari awal agar tidak banyak hal yang harus dikorbankan.