Gurih & Nikmat! Inilah 5 Makanan Khas Tradisional yang Berbahan Dasar Singkong

Jika kita mendengar kata singkong pastinya kita akan berpikir bahwa makanan kampung, makanan ndeso, makanan orang jaman dulu. Tidak sepenuhnya salah karena singkong banyak dikonsumsi oleh orang yang tinggal di desa dan perkampungan yang banyak di tanaman singkong di persawahan atau di kebun dekat rumah. Banyak juga jenis makanan khas Indonesia yang menggunakan bahan dasar singkong. Singkong sangat cocok dengan iklim yang ada di Indonesia sehingga hanya ditancapkan saja batangnya sudah dapat bertumbuh.

Meskipun sangat cocok pada iklim tropis singkong ternyata bukan berasal dari Indonesia tetapi singkong asli dari Amerika Selatan. Singkong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat kalian karena kandungan karbohidrat dalam singkong cukup banyak sehingga banyak orang yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok mereka.

Semakin perkembangannya zaman yang semakin modern maka singkong tidak lagi dipandang sebelah mata karena sekarang banyak sekali olahan-olahan yang dibuat untuk dijual dengan berbagai macam inovasi yang membuat singkong tersebut menjadi enak untuk disantap dan dengan kemasan yang elegan sehingga tidak menjadi makanan desa lagi. Dan disini kita akan membahas olahan-olahan makanan berbahan dasar singkong. Berikut penjelasannya :

1. Misro

Makanan pertama yang berbahan dasar singkong yaitu Misro. Misro merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong, makanan ini berbentuk bulat dan didalamnya terdapat gula merah yang sudah di iris. 

Makanan ini sangat lezat dan nikmat sekali, rasanya yang manis karena gula merah di dalamnya dan luarnya garing gurih. Ketika misro digigit maka gula merah didalamnya akan muncrat dan meleleh dimulut yang akan menambah kenikmatan dari makanan ini. Cukup mudah membuatnya, parut singkong yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya lalu tambahkan garam untuk menambah rasa gurih kemudian bentuk menjadi bulat dan isi oleh irisan gula merah, lalu goreng kering hingga berwarna coklat keemasan.

2. Combro

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar singkong yaitu Combro. Combro merupakan makanan tradisional yang hampir mirip dengan misro terbuat dari bahan dasar singkong, makanan ini juga berbentuk bulat tetapi yang membedakan adalah isiannya. Combro menggunakan isian oncom yang merupakan ampas dari tahu dan dengan tambahan cabe di dalamnya sehingga rasanya pedas, gurih dan nikmat.

3. Keripik Singkong

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar singkong yaitu Keripik Singkong. Keripik Singkong merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang berbentuk lapisan-lapisan tipis dan dibumbui dengan bumbu-bumbu penyedap rasa sehingga menambah kenikmatan dari keripik singkong tersebut. Banyak sekali snack-snack yang dibuat dari olahan keripik singkong.

4. Getuk

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar singkong yaitu Getuk. Getuk merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong, makanan ini mempunyai bentuk yang beraneka ragam dan biasanya diberi pewarna yang membuat menarik hati seperti coklat, merah, kuning dan lainnya dengan taburan kelapa yang ada diatasnya . Getuk merupakan makanan asal Jawa tengah dan Jawa Timur dan sangat terkenal di kalangan manapun.

5. Tiwul

Makanan selanjutnya yang berbahan dasar singkong yaitu Tiwul. Tiwul merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong, yang dibuat dengan ditumbuk sesudah dikeringkan dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

Tiwul merupakan makanan yang sangat digemari oleh penduduk Yogyakarta tepatnya di Gunung Kidul karena rasanya yang khas, manis, dan gurih karena taburan kelapa parut yang ada di atasnya. Saat ini dengan perkembangan zaman yang semakin modern tiwul dijual dengan memakai kemasan yang menarik dan sudah dapat ditemukan di beberapa toko oleh-oleh.