Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Sayuran serta Keunggulannya

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat pupuk organik dari limbah sayuran. Pupuk organik juga memiliki keunggulan yang lebih dibanding pupuk anorganik.

Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan pupuk yang dibuat dari materi makhluk hidup, seperti hasil dari pelapukan sisa -sisa tanaman, manusia, dan hewan. Pupuk organik memiliki bentuk cair atau padat yang dipakai untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, serta biologi tanah. Dalam pupuk organik terkandung banyak bahan organik ketimbang kadar haranya. Sumber bahan organik bisa seperti kompos, pupuk kandang, pupuk hijau, sisa panen seperti jerami,tongkol jagung, brangkasan, bagas tebu, serta sabut kelapa, limbah industri, limbah ternak yang memakai bahan pertanian, dan limbah kota.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Limbah Sayuran

Alat yang Dibutuhkan:

  • Tong atau ember
  • Sarung tangan

Bahan Membuat Pupuk Organik:

  • Sampah rumah tangga seperti sisa sayuran,cacah dengan mesin pencacah sampah organik agar lebih mudah
  • Tanah
  • Air secukupnya
  • Arang sekam dan cairan pupuk EM4 sebagai tambahan.

Cara Membuat:

  1. Sediakan sampah organik seperti sisa sayuran yang akan Anda olah menjadi pupuk.
  2. Kemudian pisahkan sampah organik dengan sampah plastik. Sampah organik inilah yang nantinya akan Anda pakai sebagai pembuatan pupuk kompos.
  3. Sediakan wadah berukuran besar untuk pembuatan pupuk. Jangan lupa bahwa jika wadah harus mempunyai penutup supaya pupuk yang Anda buat tidak terkontaminasi.
  4. Lalu taruh tanah secukupnya ke dalam wadah yang sudah diisi sampah organik. ketebalannya dapat Anda sesuaikan dengan wadah tersebut dan seberapa banyaknya sampah organik.
  5. Selanjutnya siram permukaan tanah tersebut dengan air secukupnya.
  6. Taruh sampah organik yang telah Anda siapkan ke dalam wadah.
  7. Lalu pastikan sampah Anda simpan secara merata. Usahakan ketebalan sampah setara dengan ketebalan pada tanah.
  8. Kemudian masukkan kembali tanah tersebut ke dalam wadah. Kali ini tanah berguna sebagai penutup sampah.
  9. Tutup wadah hingga rapat dan diamkan selama tiga minggu.
  10. Ketika membuat pupuk kompos di rumah, pastikan dalam wadah pembuat pupuk tak terkontaminasi dengan hewan, air hujan, dan terkena paparan cahaya matahari. Dan jika Anda ingin lebih praktis bisa menggunakan mesin kompos.

Keunggulan Pupuk Organik

  • Dalam pupuk organik terkandung unsur mikro yang lebih lengkap ketimbang pupuk anorganik.
  • Pupuk organik dapat memberikan tanah kehidupan mikroorganisme yang akan membuat tanah semakin gembur.
  • Pupuk organik dapat berguna dalam memobilisasi atau menjembatani hara yang telah ada di tanah sehingga dapat membentuk partikel-partikel yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  • Pupuk organik dapat berguna dalam pelepasan hara tanah dengan perlahan dan kontinu sehingga bisa membantu serta mencegah terjadinya ledakan suplai hara yang bisa membuat tanaman menjadi keracunan.
  • Pupuk organik dapat membantu dalam menjaga kelembaban tanah serta mengurangi tekanan atau tegangan struktur tanah yang ada pada akar-akar tanaman
  • Kemudian pupuk organik juga bisa meningkatkan struktur tanah dengan artian komposisi partikel yang ada dalam tanah menjadi lebih stabil dan cenderung meningkat sebab struktur tanah sangat berguna dalam pergerakan air serta partikel udara di dalam tanah, aktivitas mikroorganisme menjadi menguntungkan, pertumbuhan pada akar, dan juga kecambah biji.
  • Pupuk organik sangat berguna dalam mencegah terjadinya erosi pada lapisan atas tanah yang dimana lapisan tersebut mengandung banyak hara.
  • Penggunaan pupuk organik juga sangat berguna dalam merawat ataupun menjaga tingkat kesuburan tanah yang telah dalam keadaaan berlebihan pemupukan oleh pupuk anorganik ataupun kimia dalam tanah.
  • Lalu pupuk organik juga berperan penting dalam menjaga kehilangan secara luas hara Nitrogen serta Fosfor yang telah terlarut dalam tanah
  • Kualitas tanaman yang memakai pupuk organik bisa lebih bagus sehingga tanaman tak akan mudah terserang penyakit dan membuat tanaman menjadi lebih sehat.
  • Yang terakhir untuk kesehatan manusia tanaman yang memakai pupuk organik akan lebih menyehatkan sebab kandungan nutrisinya akan lebih lengkap serta lebih banyak.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda!

Related Posts