Cara Membuat Keripik Ubi yang Enak dan Renyah

Kalian pasti tau lah makanan yang berserat,memiliki banyak manfaat,mudah ditemukan,mudah dalam pengolahannya.Yaa makanan satu ini adalah keripik ubi, cara membuat keripik ubi sangatlah mudah dan banyak orang yang menyukainya bukan.

Ubi

Ubi merupakan istilah yang diberikan untuk tanaman yang memiliki umbi atau bahkan bagian akar yang membesar dan juga bisa dijadikan makanan karena menumpuknya nutrisi yang banyak di bagian ini.

Namun banyak orang Indonesia yang menganggap istilah ubi tertuju pada pohon ketela, tetapi ada juga beberapa jenis ubi, yaitu:

  • Ubi jalar, atau dalam istilah Bahasa Inggrisnya sweet potato
  • Ubi rambat, atau dalam istilah Bahasa Inggrisnya yam
  • Ubi kayu atau ketela pohon atau singkong
  • Talas

Manfaat Ubi Jalar

1.Menurunkan Berat Badan

Ubi jalar mengandung kalori yang sangat baik bagi tubuh. Bagi kalian yang sedang berdiet dan ingin mencoba berat badannya turun, maka salah satu caranya dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rajin.

Ubi jalar menjadi solusi terbaik menurunkan berat badan secara alami karena lemaknya yang sangat rendah. Ubi jalar juga gampang sekali membuat seseorang menjadi lebih cepat kenyang.

Meski banyak olahannya, kalian harus mengonsumsi ubi jalar dengan proses pemasakan yaitu dikukus atau melalui proses direbus supaya hasilnya lebih efektif.

Cara mengolah ubi jalar untuk program diet:

  1. Siapkan ubi jalar berukuran sedang
  2. Cuci dan rendam hingga benar-benar bersih
  3. Kalian tak perlu mengupas kulitnya, karena akan sangat mudah dikupas apabila sudah matang
  4. Kukus ubi jalar selama 10-20 menit
  5. Konsumsi dalam keadaan hangat

Semakin berkembangnya zaman untuk membuat keripik ubi kini lebih mudah,cepat dan praktis karena sudah ada mesin keripik singkong yang bisa menjadi solusi.

2. Mencegah Diabetes

Ubi jalar dianggap sangat baik apabila dikonsumsi untuk mencegah seseorang agar tidak diabetes. Jenis umbi-umbian ini memiliki banyak kandungan gula yang jelas lebih alami dan juga lebih baik juga bagi kesehatan.

Pengidap diabetes biasanya memiliki aturan yang sangat ketat dalam mengelola makanan. Pilihlah makanan yang baik dan juga sedapat mungkin bisa mengurangi makanan dengan tekstur rasa manis. Makanan yang mengandung karbohidrat juga harus dicermati.

Ubi kukus atau rebus terkenal efektif di dalam meregulasi kadar gula darah dengan sangat membantu sekresi dan fungsi insulin.dari Makanan ini juga bisa kalian jadikan pilihan pengganti nasi atau bisa juga sumber karbohidrat lain.

Tidak jarang banyak dari para dokter memberikan anjuran bagi pasien diabetes untuk makan ubi rebus. Namun, dalam porsi jangan terlalu banyak, karena harus memberikan keseimbangan dengan cara mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan nutrisi seperti buah-buahan.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ubi jalar memiliki kandungan serat yang lumayan tinggi. Bahkan, serat ubi jalar juga lebih tinggi dari pada kandungan serat yang ada di kentang. Selain itu, ubi jalar juga termasuk tergolong sumber makanan yang sangat mudah dicerna. Karena teksturnya lembut, ubi jalar juga sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan vitamin B kompleks, C,dan betakaroten, serta kalium dan kalsium pada makanan ubi jalar juga sangat efektif dan cepat dalam membantu meredakan lambung kalian saat sedang radang.

4. Cegah Penyakit Asma

Banyak orang yang menganggap ubi jalar dapat meningkatkan stamina tubuh.tapi sebenarnya ubi jalar rebus dulu agar baik untuk kesehatan sistem pernapasan.

Berdasarkan beberapa penelitian ubi jalar sangat bermanfaat dalam mencegah risiko penyakit paru-paru dan juga asma. Pada ubi jalar ternyata memiliki kandungan vitamin C, besi,dan juga nutrisi lainnya yang dipercaya memberikan manfaat untuk efektif membantu pencegahan penyakit bronkitis.

 

Cara Membuat Keripik Ubi

1. Cara Membuat Keripik Ubi Balado

Bahan-bahan :

  • Ubi
  • Gula pasir
  • Garap
  • air dan minyak goreng
  • sedikit kapur sirih dilarutkan dalam air
  • Bumbu balado

Cara Membuat :

  1. Kupas ubi dan iris secara tipis-tipis
  2. Larutan kapur sirih yang sudah direndam lalu jangan lupa disaring dan kemudian campur air dengan ubi yang sebelumnya sudah diiris
  3. Dan selanjutnya proses perendaman yang dilakukan selama 2 jam dan jika sudah lalu tiriskan langsung di jemur dibawah sinar matahari
  4. Jika sudah kering maka larutkan keripik tadi bersama dengan larutan gula kemudian goreng
  5. Tiriskan saat dingin
  6. Untuk pilihan variasi lainnya keripik ubi bisa diberi tambahan bumbu balado sesuai selera.

2. Cara Membuat Keripik Ubi Keju

Bahan-bahan :

  • Ubi
  • Gula pasir
  • Sedikit garam
  • Air untuk membilas dan minyak untuk menggoreng
  • Sedikit kapur sirih untuk pelarut
  • Keju

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama kupas ubi terlebih dahulu setelah itu lakukan proses pengirisan tipis – tipis agar setelah digoreng ubi tidak menjadi keras
  2. Setelah melarutkan kapur sirih, ambil air nya dan pakailah untuk merendam ubi agar terasa empuk
  3. Setelah direndam, buang airnya dan tiriskan dulu ubi dan jemur di bawah sinar matahari
  4. Beri sedikit larutan gula dan goreng
  5. Tiriskan dahulu lalu jika sudah agak dingin beri taburan keju diatasnya, dan tunggu beberapa menit
  6. Keripik ubi rasa keju sudah siap disantap

3. Cara Membuat Keripik Ubi Pedas Manis

Bahan-bahan:

  • Ubi
  • Gula, garam, kapur sirih
  • Bawang putih dan cabe keriting

Cara Membuat :

  1. Potong ubi dan rendam dengan air kapur sirih
  2. Setelah itu jemur di ruang terbuka berada dibawah sinar matahari dan jika dirasa sudah kering lanjut proses penggorengan ubi dengan api sedang
  3. Blender cabe dan bawang putih jangan lupa beri sedikit air agar mudah dihaluskan
  4. Tumis cabe dan bawang dengan sedikit minyak, lalu beri sedikit garam dan gula
  5. Nah Ubi yang selesai digoreng lanjut dilumuri dengan bumbu tersebut

Demikian artikel cara membuat keripik ubi,terima kasih atas waktunya.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts