Cara Membuat Keripik Sayur Sawi yang Enak dan Kaya Akan Manfaat

Sawi adalah kelompok tumbuhan dari genus Brassica yang dimanfaatkan daunnya atau bunganya sebagai bahan pangan, baik segar maupun olahan. Mustard termasuk beberapa spesies Brassica yang terkadang mirip satu sama lain. Di Indonesia, penyebutan sawi umumnya mengacu pada sayur sawi.

Resep Keripik Sayur Sawi

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung beras
  • 1 1/2 sendok makan tepung kanji
  • 4 pecan, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • 1 1/2 sendok makan ebi, haluskan
  • 125 ml air
  • 10 lembar daun sawi utuh
  • Jumlah minyak yang tepat

Cara Membuat

  1. Campur tepung beras, tepung kanji, kemiri, bawang putih, garam dan ebi yang ditumbuk halus
  2. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata
  3. Gosokkan daun sawi yang sudah dibersihkan ke dalam adonan
  4. Panaskan minyak goreng dan goreng sawi menggunakan deep fryer sampai berwarna keemasan
  5. Angkat dan tiriskan memakai mesin peniris minyak
  6. Simpan ke dalam toples yang bersih.

Manfaat Sayur Sawi

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa tumbuhan alami yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Sayuran hijau merupakan sumber yang kaya antioksidan seperti flavonoid, beta karoten, lutein, vit C, dan E.

Selain itu, beberapa varietas sawi seperti sawi kaya akan antosianin, yaitu pigmen merah-ungu yang ditemukan pada buah-buahan dan sayuran yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker serta diabetes tipe 2.

2. Sumber vitamin K

Sayur sawi mentah dan matang merupakan sumber vitamin K yang cukup besar dibanding jenis sayuran lainnya. Vitamin K terkenal karena perannya yang penting dalam membantu pembekuan darah. Ini juga telah terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

Faktanya, kekurangan vitamin K telah dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung serta osteoporosis, suatu kondisi yang dapat mengakibatkan berkurangnya kekuatan tulang serta peningkatan risiko fracture (patah tulang).

Studi terbaru juga menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin K dengan kesehatan otak. Vitamin K yang tidak mencukupi bisa dikaitkan dengan peningkatan resiko gangguan pada fungsi otak, dementia, dan penyakit Alzheimer.

3. Memperkuat Kekebalan

Manfaat sawi juga baik untuk daya tahan tubuh. Hal ini karena sawi mengandung cukup banyak vitamin C. Setiap 56 gr sawi bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C adalah vitamin yang akan larut dalam air yang penting dalam sistem kekebalan yang kuat. Penelitian juga menunjukkan bahwa jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam diet Anda, sistem kekebalan Anda akan melemah dan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

Selain itu, vitamin A pada sawi juga mendukung respon imun. Ini dilakukan dengan mempromosikan pertumbuhan serta distribusi sel T, yang adalah jenis sel darah putih yang dibutuhkan dalam membantu melawan infeksi potensial.

4. Kesehatan Jantung

Manfaat sawi adalah kaya akan serat dengan antioksidan seperti flavonoid dan juga beta karoten. Dalam satu studi menemukan bahwa asupan tinggi sawi dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam risiko penyakit jantung sebesar 15%.

Sawi hijau juga mengandung suatu senyawa yang membantu mengikat asam pada empedu dalam sistem pencernaan. Ini sangat penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu dan menyebabkan penurunan kadar kolesterol.

Itulah pembahasan artikel kali ini tentang cara membuat keripik sayur sawi enak yang kaya akan manfaat.

Related Posts