Cara Belajar Bisnis

Berbisnis makin menggiurkan kata orang-orang di luar sana. Tetapi pada kenyataannya? Banyak yang bilang kalau lebih mudah daripada yang dipikirkan, banyak juga yang bilang kalau ternyata sulit.

Nah daripada menebak-nebak, gimana sih rasanya berbisnis, gimana sih rasanya menjadi pengusaha, mending langsung dimulai dari sekarang. Kamu bisa mulai belajar bisnis dari punya mimpi dulu loh. Serius deh!

Punya Mimpi Besar

Poin penting dari belajar bisnis adalah dengan punya mimpi besar. Pernah dengan kiasan bahwa mimpi mampu memindahkan gunung? Itu ternyata benar loh. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh mimpi terhadap hal yang kamu lakukan.

Mimpi ini harus tertanam dengan kuat di dalam dirimu. Jadi pastikan mimpi yang kamu tanam ini pantas, spesifik dan worthed untuk diperjuangkan hingga terealisasi. Jika tidak mimpi tersebut akan kalah dengan kebutuhan-kebutuhan jangka pendek dan mendesak untuk dipenuhi.

Menentukan Visi dan Misi Bisnis

Setelah mimpi sudah tertanam dalam diri kamu, kamu bisa mulai menyusun visi dan misi bisnis. Ini merupakan bagian yang penting supaya kamu bisa mengetahui kemana alur dari bisnis yang kamu rencanakan. Dengan menentukan visi dan misi, kamu akan paham apa yang menjadi kelebihan dari bisnismu.

Melalui visi dan misi pula, kamu bisa menentukan standar kerja yang optimal serta memiliki acuan untuk mengembangkan bisnis yang kamu kelola.

Melakukan Riset Pasar

Belajar melakukan riset pasar adalah langkah ketiga mulai berbisnis. Apa dan bagaimana sih melakukan riset pasar itu?

  • Rumuskan masalah yang mungkin ada
  • Mengamati perkembangan pasar
  • Melakukan uji coba kepada pasar yang sesuai

Nah dari ketiga cara tersebut, kamu akan mendapatkan manfaat dari melakukan riset pasar, yaitu:

  • Menganalisis tanggapan market dari barang/jasa yang dijual
  • Menganalisis efektivitas dari iklan maupun promosi
  • Memperoleh informasi yang akurat
  • Menjadi lebih objektif terhadap kebutuhan perusahaan.

Jadi paham kan kenapa riset pasar itu hal yang paling penting dilakukan sebelum mulai berbisnis?

Menentukan Proses Pemasaran

Setelah tahu pasar yang tepat untuk bisnis yang akan dijalankan, kini saatnya kamu mulai menentukan ‘bagaimana proses pemasarannya? Apakah melalui online? Ataukah melalui offline?’

Kamu juga harus paham bahwa strategi promosi yang kamu pilih akan berefek dengan budget yang kamu keluarkan. Misalnya kamu memilih strategi pemasaran dengan mencetak brosur dan membagikannya ke setiap orang di jalan, maka akan ada budget untuk itu. Sebab itulah metode pemasaran secara online mulai menjamur saat ini. Berikut perbedaan pemasaran secara online vs offline:

  1. Pemasaran online memangkas adanya sales, sedangkan offline memerlukan sales
  2. Pemasaran online membuat pembeli mendatangi produsen, sedangkan offline sales harus menawarkan produk secara langsung ke konsumen.
  3. Pemasaran online waktunya lebih fleksibel

Mulai Praktik Berbisnis

Sampai juga di tips belajar bisnis yang kelima yaitu mulai praktik berbisnis. Yap, semuanya bakalan sia-sia kalau nggak dipraktekkan. Setelah kamu belajar dan menggali lebih dalam tentang bisnis, it’s time to practice because practice make perfect!

Itu dia cara belajar bisnis. Semoga bermanfaat buat kamu ya! Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di madureh.com.

Related Posts