6 Cara Membuat Kuliah Lebih Murah

Kita sering mendengar tentang mahalnya biaya kuliah. Dan itu dapat menghalangi beberapa orang untuk melanjutkan pendidikan kuliah. Tapi kami punya kabar baik, ada banyak hal yang dapat dilakukan agar Anda tetap bisa memiliki pendidikan yang berkualitas. Cara ini dibuat untuk secara signifikan membantu menurunkan biaya program sarjana, bahkan membuatnya terjangkau.

Kami telah menguraikan enam langkah untuk Anda jelajahi di bawah ini. Pertimbangkan masing-masing sebelum Anda membiarkan ketakutan akan biaya kuliah menghentikan aspirasi Anda.

1. Mulai Berinvestasi untuk Biaya Kuliah

Ini tidak cepat, tidak mudah dan lebih berisiko daripada sekadar menabung, tetapi investasi untuk kuliah adalah satu-satunya kegiatan perencanaan keuangan agar jalan ke perguruan tinggi bisa terwujud. Anda bisa mendapatkan keuntungan saat Anda berinvestasi, dan setiap rupiah yang Anda simpan adalah bukan uang hutang dimana Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membayarkan kembali uang pinjaman Anda. 

Anda yang pemula bisa mencoba investasi di reksadana untuk merencanakan keuangan pendidikan yang dibantu oleh manajer investasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan pusing memantau perkembangan pasar keuangan karena sudah diatur oleh manajer investasi.

2. Cari Beasiswa Lebih Awal

Jangan pernah pesimis untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi, GoKampus menyediakan beasiswa yang memungkinkan Anda sendiri, anak Anda atau rekan terdekat untuk mendaftar. Kunjungi website kami untuk melihat beasiswa yang kami bagikan, dan beberapa voucher cashback biaya pendaftaran UBAYA (Universitas Surabaya).

3. Mengikuti Program Cicilan

Membayar uang semester dengan metode cicilan setiap bulan bisa meringankan beban walau terhitung lebih mahal daripada Anda harus membayarnya secara lunas. Tanyakan kepada pihak universitas, apakah mereka menyediakan layanan pembayaran cicilan.

Perlu diketahui membayar uang kuliah dengan cicilan tidak berpengaruh pada kurikulum atau satuan kredit semester mahasiswa karena program ini bertujuan untuk meringankan pendanaan kuliah.

4. Pertimbangkan Community College

Di indonesia sudah banyak tersedia pilihan community college. Memulai dunia pendidikan di community college atau perguruan tinggi komunitas dapat menghemat biaya perguruan tinggi secara signifikan, karena siswa dapat memperoleh kredit semester untuk kelas dua tahun dengan tarif rendah, dan kemudian dapat mentransfer ke sekolah empat tahun untuk perguruan tinggi.

5. Ikuti Kuliah Online

Tawaran kuliah online untuk pendidikan tinggi semakin meningkat, dan seringkali biayanya lebih rendah daripada menghadiri kelas di kampus. Namun jika Anda memilih sekolah vokasi yang didominasi oleh kegiatan praktik, rasanya tidak efektif jika Anda harus mengikuti kuliah online.

6. Mengajukan Bantuan Keuangan

Pemerintah negara, perusahaan, sekolah tinggi dan universitas memberikan ratusan hingga milyaran rupiah untuk bantuan keuangan kepada mahasiswa sarjana setiap tahun. Jadi pastikan, ketika tahun sekolah menengah atas anak Anda bergulir, Anda mengunjungi GoKampus untuk mengajukan bantuan keuangan dapat menangani sebagian besar tagihan perguruan tinggi yang diperlukan tepat waktu.

Lebih baik merencanakan keuangan pendidikan dari sekarang untuk anak atau diri Anda sendiri jika memang dirasa prioritas Anda sekarang adalah pendidikan. Namun jika keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terjadi secara mendadak, Anda bisa mengikuti seleksi beasiswa atau mengajukan bantuan keuangan di beberapa penyedia pinjaman keuangan.

Related Posts