3+ Budidaya Kerang Kijing Mudah Bagi Pemula

3+ Budidaya Kerang Kijing Mudah bagi Pemula

Budidaya kerang kijing yang biasa dipakai sebagai seafood favorit sangat menjanjikan. Banyak penduduk pesisir pantai bahkan menggantungkan hidupnya dengan memburu kerang hijau tersebut. Berikut adalah panduan bagaimana memulai ternak kerang kijing menurut Suksespedia untuk memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi:

3+ Budidaya Kerang Kijing Mudah Bagi Pemula

1. Persiapan Budidaya Kerang Kijing

Pilih lokasi yang mirip habitat asli kerang kijing. Cari lokasi perairan bertekstur pasir atau lumpur supaya kerang kijing dapat mencari makanan lebih mudah. Hindari lokasi tempat tercemar limbah, dan pastikan suhu ideal adalah 27-37 derajat celcius. pH ideal adalah 6-8.

2. Benih Kerang Kijing

Pengepul menjadi andalan untuk mencari benih kerang kijing. Anda dapat menggunakan metode rakit apung, metode rawai, metode tancap, atau metode rakit tancap untuk proses budidaya benih kerang kijing.

Metode rakit apung berarti anda akan menggunakan rakit dari kayu atau bambu sebagai tempat budidaya. Pasang jaring-jaring pada bagian bawah rakit untuk pembesaran benih. Cara ini tergolong praktis, karena memudahkan anda mengumpulkan kerang kijing saat panen nanti.

Sedangkan metode rawai dengan cara membentangkan dua utas tali, dan rangkai kedua tali tersebut diantara 2 drum pelampung. Jarak maksimal tiap pelampung 10 meter. Sedangkan jarak antar kolektor adalah 1 meter. Letakkan benih pada kolektor, letakkan air dan biarkan sampai panen.

Metode tancap mirip cara budidaya kerang menggunakan bambu berdiameter 15 cm, bagian pangkal harus runcing untuk anda tancapkan. Bagian yang menjulang ke atas permukaan laut harus 50-100 cm. Tambahkan pondokan kecil terbuat dari bambu untuk pengecekan lebih mudah.

Rangkai bambu mirip rakit, dan tempelkan dengan unit kolektor supaya pondok tidak terkena arus. Tambahkan tali penghubung pada masing-masing bambu dalam air, dengan jarak 1 meter.

Terakhir, budidaya kerang kijing dengan metode rakit tancap, memadukan metode tancap dan rakit apung. Letakkan tali kolektor pada rakit, pada tiap talinya diberi jarak 1 meter, biarkan sampai panen.

3. Pengendalian Penyakit

Ternak kerang kijing harus mencegah adanya teritip, bintang laut, atau kepiting yang memakan kerang kijing. Caranya, anda harus menangkap kepiting tersebut secara manual. Pastikan lokasi budidaya kijing tetap bersih agar tidak ada penyakit muncul sebelum panen.

Membutuhkan waktu 5-6 bulan agar anda bisa panen kerang kijing berukuran 6-8 cm. panen saat kerang beristirahat, caranya rontokkan dari kantung benih atau tali supaya kerang tidak rusak dan tetap berdaya jual tinggi sampai di pasar.